Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana cara sukses memasang iklan di google adwords

 
google adwords

Google Adwords akan sangat berguna bila anda menginginkan trafik untuk website anda atau untuk mengiklankan produk atau jasa website anda.

Google Adwords adalah salah satu layanan PPC yang terpercaya. Selain Google Adwords, PPC lain yang cukup populer adalah overture.com, kanoodle.com, 7search.com, dan sebagainya.

Dengan beriklan di Google Adwords, iklan anda ditampilkan di :

1.    Search network / search engine result page (PAGE) atau di halaman hasil pencarian Google, dan

2.    Content network (ditampilkan di blog atau website yang memasang iklan adsense),

Mengiklankan URL website anda dengan layanan PPC maksudnya berarti anda bersedia membayar untuk setiap klik iklan anda.

Namun keuntungannya adalah, alih-alih anda berjuang berkorban darah untuk mencapai peringkat tertinggi dalam search engine, melalui Google Adwords anda akan mendapat trafik dari iklan yang ditampilkan oleh Google atau oleh para pemasang adsense.

Namun karena biaya promosi melalui Google Adwords tidaklah gratis, alias berbayar, anda harus memperhitungkan beberapa faktor sebelum anda beriklan di Google Adwords supaya iklan anda efektif dan efisien.

Hal lain yang harus anda perhatikan dalam Google Adwords, bahwa Google Adwords mensyaratkan penggunaan kartu kredit untuk memasukkan balance dan atau beriklan.

Berikut adalah 5 tips sukses beriklan di Google Adwords,

1. Website yang diiklankan berisi produk atau jasa.

Alasannya logis, bila anda beriklan di Google Adwords sementara yang anda iklankan hanya berupa blog berisi curhat kehidupan anda, bisa jadi anda hanya menghambur-hamburkan uang, atau kecuali hanya untuk mempopularitaskan blog anda saja, tanpa ada alasan untung rugi.

2. Jangan menentukan biaya perklik lebih dari yang bisa diperoleh dari Adsense.

Maksudnya, teliti keyword yang akan daftarkan untuk iklan anda di Google Adwords. Cari terlebih dahulu berapa nilai keyword tersebut.

Sebagai panduan menentukan biaya perklik, bisa anda gunakan fasilitas gotoast.com atau adwords.google.com/select/trafficestimatorsandbox.

3. Gunakan kata-kata yang menarik untuk iklan anda.

Ketika memasuki Google Adwords anda akan disuguhi format iklan berupa teks atau banner (image). Dalam format teks yang disediakan, ada lima baris isian yang ada. Yaitu, judul, deskripsi baris 1, deskripsi baris 2, URL tampilan, dan URL tujuan.

Maka gunakanlah judul yang menarik. Kata-kata seperti “gratis”, “bebas”, pertanyaan seperti “anda butuh….” Adalah judul-judul promosi yang terbukti efektif walaupun kedengarannya klasik.

Dalam deskripsi baris 1 dan 2, jelaskanlah secara singkat keuntungan yang akan pengunjung dapatkan sekaligus kelebihan produk atau jasa anda.

4. Pilihlah Indonesia sebagai target pasar anda.

Saat Google Adwords menawarkan target pelanggan (berdasarkan bahasa dan lokasi), jadi jika Anda menjual produk yang menyangsa pasar lokal maka pilihlah Indonesia sebagai targetnya. Hal ini dikarenakan beriklan di Indonesia itu lebih murah jika dibandingkan menargetkan pelanggan di Amerika.

Mengapa?

Karena di Amerika sudah banyak saingan keyword yang anda tuju. Di Amerika akan lebih banyak perusahaan atau orang yang berebut dan menawar kata kunci atau keyword.

Terkecuali, produk dan jasa yang anda tawarkan adalah universal atau bisa ditujukan untuk siapa saja.

5. Jangan memilih beberapa kata kunci saja.

Dalam Google Adwords, agar iklan kita muncul paling teratas dalam Search Engine Results Page (SERP),  Google mendorong kita agar membayar bayaran paling tinggi dalam keyword yang kita tuju.

Hanya saja belum menjadi dijamin bahwa bila seorang menetapkan harga per click paling tinggi, maka akan muncul teratas dalam SERP. Maka, pilihlah sebanyak mungkin kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa anda, namun bukan kata kunci utama atau keyword yang popular.

Hal ini akan membantu anda untuk menghemat biaya dalam berpromosi di Google Adwords, namun tetap efektif. Karena iklan anda akan sering muncul tetapi dengan harga yang murah.

Untuk tips yang satu ini membutuhkan kreatifitas anda dalam memilih kata yang efektif untuk produk atau jasa yang anda tawarkan.

Posting Komentar untuk "Bagaimana cara sukses memasang iklan di google adwords"